Rabu, 27 Maret 2019

Pemilu Serentak 2019 20 Hari Lagi




Pemilu serentak 2019 tinggal 20 hari lagi. Para peserta dari partai-partai politik sibuk berkampanye untuk menarik rakyat memilih mereka. Berbagai janjipun disampaikan. Ada partai yang memperlihatkan kegiatan membantu rakyat khususnya para pedagang kecil dengan menyumbang pelbagai sarana yang diperlukan seperti gerobak dorong. Ada pula petinggi partai yang memperlihatkan keberpihakan kepada rakyat kecil dengan ikut panen padi di sawah. Selebihnya menampilkan semboyan-semboyan seperti: pilih partai kami yang anti korupsi dan anti poligami.
Khusus pemilihan presiden dan wakilnya, tidak begitu sulit menentukan pilihan. Mereka sudah berdebat, sehingga dapat diketahui mana yang cuma mengumbar janji dan mana pula yang berbicara berdasar fakta. Rakyat Indonesia sudah semakin cerdas, tentu akan memilih capres/cawapres berdasarkan fakta apa yang sudah dicapai selama ini berdasar hasil;hasil penelitian lembaga-lembaga survey dalam dan luar negeri.
Yang repot adalah memilih para caleg karena rekam jejak mereka tidak jelas. Kemungkinannya rakyat akan melihat partai-partai yang mengusung para caleg itu. Partai-partai yang petingginya bermasalah seperti terlibat narkoba atau docokok KPK, nampaknya tidak akan dipilih rakyat. Ini pendapat orang awam atau bahasa kerennya 'man on the street;. Bagaimanapun yang menentukan adalah gerak hati para pemilih dalam pemilu serentak 2019 nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar