Senin, 09 Juli 2018

Kekeringan Melanda Lagi




Kekeringan kembali melanda lagi beberapa daerah seperti Gunung Kidul dan NTT. Rakyat mencari air bersih sampai berkilokilometer jauhnya. Bahkan air telaga yang tidak layak diminum, terpaksa diminum.
Penderitaan rakyat yang kekurangan air bersih itu tejadi setiap tahun. Mereka mengeluh karena pemda yang seharusnya bertanggungjawab mengatasi keadaan, tidak melakukan apa-apa. Media menyiarkan keadaan itu secara luas.
Pertanyaannya, apa kerjanya Bupati dan jajarannya yang terkait? Sehrusnya media massa tidak perlu menyiarkan keadaan kekeringan, jika diatasi secara profesional. Harus dibangun sebuah sistem, sehingga begitu musim kemarau tiba, kekeringan dapat ditanggulangi.
Mungkin perlu belajar ke Israel. Negeri padang pasir itu tidak punya sungai. Mereka mengandalkan air laut dan air hujan Lantas diolah, sehingga tersedialah air tawar untuk segala keperluan seperti keperluan rumah tangga dan menyiram tanaman. Nah, Indonesia selain dikelilingi laut juga banyak sungai yang siap diolah untuk keperluan air bersih.
Tantangan untuk pakar kita, terutama yang bergerak di bidang pengairan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar