Kamis, 29 Desember 2011

Dukungan Dunia Atas Kenggotaan Palestina di PBB

Konferensi Parlemen Asia atau Asian Parliamentary Assembly (APA) Kamis lalu di Solo menyetujui draft yang akan dituangkan dalam resolusi, yaitu mendukung Palestina menjadi negara merdeka dan berdaulat dengan ibukota Jerusalem, sekaligus menjadi anggota PBB. Tindak lanjutnya, dalam forum pertemuan eksekutif Parlemen Asia di Damaskus bulan depan, Indonesia akan mengusulkan draft tentang Palestina tersebut menjadi keputusan resmi. Ringkasnya, rakyat dari negara-negara Asia mendukung kemerdekaan Palestina, sekaligus menjadi anggota PBB.

Keputusan Parlemen Asia itu lebih menegaskan dukungan terhadap perjuangan Palestina yang sebelumnya disuarakan oleh negara-negara Non Blok, termasuk Asia didalamnya. Sementara itu Komite Nasional untuk rakyat Palestina menggalang petisi tentang Konferensi Komunitas Asia Pasifik untuk kemerdekaan Palestina. Petisi itu akan dibawa ke Sidang Majelis Umum PBB dan Persatuan Antar Parlemen (IPU).

Resolusi dan Petisi yang tingkatannya dibawah keputusan PBB itu tidak mempunyai kekuatan mengikat, hanya menunjukan bahwa Palestina dalam perjuangannya mendapat dukungan luas dari berbagai kalangan di dunia.

Disiarkan di RRI dan dipublikasikan di situs KBRN http://rri/co.id pada 1 Oktober 2011 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar