Selasa, 14 Mei 2013

Perang Dunia III Sudah dekat?



Seorang pengamat hubungan internasional, Mike Portal, yakin Perang Dunia –PD-III sudah dekat. Keyakinannya itu setelah menganalisa sengketa-sengketa yang sedang terjadi dewasa ini. Rusia dan Cina mendukung pemerintahan Basar al Assad di Suriah untuk menghambat cita-cita ‘globalisasi’ Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya. Untuk itu Rusia mengirim 36 kapal perang dan 125 pesawat tempur. Belum ada berita apakah Cina melakukan hal sama. Sedangkan Iran yang berseteru dengan Amerika Serikat mengirim 15 ribu tentara untuk membantu rezim Assad di Suriah. Sementara itu pasukan Suriah berhadap-hadapan dengan pasukan Israel di perbatasan yang berdekatan dengan dataran tinggi Golan. Sejak perang 1967, Suriah tidak mampu membebaskan Golan dari pendudukan Israel. Di lain pihak Turki yang anggota NATO malah merapat ke Iran. Mesir yang mengobarkan perang tahun 1967, sedang berusaha membatalkan Perjanjian Camp David  yang disepakati tiga tokoh, Jimmy Carter, Anwar Sadat dan Menahem Begin. Perjanjian itu mengakibatkan Mesir mengakui keberadaan Israel sebagai sebuah negara, sedangkan Israel mengembalikan Sinai kepada Mesir. Akibat lainnya, terjadi pembunuhan terhadap Presiden Mesir Anwar Sadat yang dilakukan kelompok anti Perjanjian Camp David. Iraq yang tampaknya sudah tenang, ternyata sedang bergolak. Kelompok perlawanan yang ditaklukkan Amerika Serikat dalam perang tahun 2003 kembali bangkit untuk menggulingkan pemerintah Iraq yang sedang berkuasa. Begitu juga Afghanistan yang diduduki Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya tahun 2001, kini sedang bangkit melawan  berupa kekuatan gabungan Taliban dengan Al Qaeda. Perlawanan juga terjadi di Libya, digerakkan kelompok yang setia kepada Moammer Khadafi dan Libanon antara Israel dengan Hizbullah.
Yang menarik, alih-alih menyerang Iran, Israel malah akan menyerbu Suriah untuk melenyapkan pengaruh  Iran di kawasan itu. Serbuan juga akan dilakukan Amerika Serikat terhadap Korea Utara disebabkan pembangkangan Korea Utara terhadap sanksi-sanksi PBB. Sambil membalas serangan Amerika Serikat, Korea Utara pun menyerang Korea Selatan. Perang besar akan terjadi di Laut Kuning. Menariknya lagi, Australia akan mencaplok pulau-pulau terluar Indonesia , dijadikan pangkalan militer untuk membantu Korea Selatan melawan Korea Utara yang dibantu Cina. Ringkasnya, menurut Mike Portal PD III itu merupakan perang antara Amerika Serikat {Nasrani) + Israel (Yahudi) melawan  Iran (Islam) + Cina/Rusia (Komunis).
Analisa Mike Portal itu lebih bersifat ramalan yang diragukan kebenarannya. Misalnya, masa Indonesia mau melepas pulau-pulau terluar kepada Australia dijadikan pangkalan militer untuk membantu Korea Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar